Bagikan ke Teman :

Panduan Memilih Jenis Lampu Plafon

Apakah Anda saat ini sedang bingung memilih lampu plafon seperti apa yang cocok untuk desain rumah Anda ?? jika iya semoga artikel berikut dapat membantu Anda memilih lampu plafon yang tepat.

Sebelum Anda memutuskan memasang jenis lampu plafon apa yang akan digunakan di plafon rumah Anda, Sebaiknya Anda harus mengetahui desain umum yang digunakan oleh perlengkapan lampu ini. Ada beragam jenis lampu dengan masing-masing memiliki cara pasang berbeda. Cahaya dan nuansa yang ditampilkan pun juga akan berbeda, olehkarenanya pemilihan lampu plafon sebaiknya disesuaikan dengan desain rumah secara keseluruhan yang akan ditampilkan. Bagi sebagian orang mungkin lampu ini tidak hanya akan difungsikan untuk pecahayaan saja namun sebagai salah satu elemen dekoratif ruangan yang akan mempercantik sebuah ruangan. Selain itu Lampu plafon juga memiliki tingkat kesulitan pemasangan yang berbeda-beda yang akan mempengaruhi besaran anggaran renovasi rumah Anda.

Lalu apa saja jenis lampu plafon yang dapat Anda pilih, berikut plafon kita salatiga merangkumnya untuk Anda

contoh plafon gantung drop ceiling

1. Lampu Tanam

Lampu tanam (recessed lights) adalah lampu yang dipasang dengan cara ditanam kedalam plafon atau dilapangan biasa disebut dengan downlight inbow. Umumnya, mereka memiliki kerangka logam yang mungkin atau tidak mungkin terlihat. Jenis Bolam Lampu nya sendiri ada yang LED dan non LED. Perbedaannya lampu LED memiliki harga sedikit lebih mahal dibandingkan dengan lampu non LED. Namun untuk penggunaanya Lampu LED lebih tahan lama dan Lebih hemat energi.

jenis lampu plafon

2. Lampu Panel

Lampu panel bentuknya datar. Sangat tipis, mungkin sekitar tiga sampai lima centimeter (cm) dalam pemasanganya lampu ini tidak perlu melubangi plafon secara lebar-lebar untuk menanamkan rangka/dudukan lampu, cukup hanya melubangi untuk jalur kabelnya saja. Bentuk lampu panel umumnya kotak namun ada juga yang bulat. Jenis lampu ini dapat memberikan pencahayaan ruangan yang lebih merata.

plafon gypsum salatiga

3. Lampu Gantung

Lampu gantung merupakan salah satu elemen dekoratif yang dapat dijadikan sebagai titik fokus (center of attention). Lampu gantung memiliki beragam model dan desain yang dapat Anda pilih sesuai dengan tema desain ruangan Anda. Selain itu jenis lampu ini cocok digunakan untuk ruangan dengan plafon tinggi.

lampu led strip indirect lighting

4. Lampu Led Strip

Lampu Led Strip umum digunakan sebagai indirect lighting pada plafon trap atau drop ceiling. Lampu ini akan menimbulkan efek pencahayaan yang lebih menawan untuk dijadikan sebagai salah satu elemen dekoratif ruangan seperti ruang kamar tidur.

5. Lampu Sorot

Salah satu elemen dekoratif lain pada lampu yang dapat Anda pilih adalah lampu sorot. Lampu sorot biasanya tersusun oleh beberapa lampu yang dapat Anda sesuaikan titik sorot nya. Lampu ini banyak kita temukan pada gerai-gerai tenant mall yang digunakan untuk memberikan pencahayaan yang lebih pada display sebuah produk. Jika diaplikasikan di rumah Anda lampu ini dapat diaplikasikan untuk mempertegas elemen dekoratif lain seperti lukisan, pajangan dsb.

Nah berikut tadi jenis lampu yang dapat Anda pilih untuk digunakan sebagai pencahayaan maupun elemen dekoratif ruangan Anda. Anda dapat menggabungkan beberapa jenis lampu seperti lampu led strip dengan lampu panel atau lampu tanam dengan lampu gantung sesuai dengan selera desain rumah Anda.

Bagikan ke Teman :

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.