Jika saat ini anda sedikit bosan dengan tampilan dinding rumah maka memasang wall panel bisa menjadi pertimbangan selain pemasangan wallpaper. Wall Panel atau panel dinding merupakan salah satu material yang dapat anda gunakan untuk mempercantik dinding bagian dalam rumah anda. Dengan pemasangan wall panel anda bisa saja menghemat budget karena tidak perlu lagi mengeluarkan anggaran untuk membeli dan memajang hiasan dinding dan menambah perabot secara berlebihan. 

Apakah yang dimaksud dengan wall panel itu? 

Wall panel merupakan selembar papan yang memiliki motif tertentu dan sudah dibentuk dalam potongan lembaran persegi panjang. Papan-papan atau panel ini akan dipasang sedemikian rupa menutupi tembok dinding rumah anda sehingga menciptakan suasana berbeda dan menjadikan tembok rumah tidak lagi kosong.

wall panel
sumber : Pinterest



Manfaat pemasangan wall panel

Memasang wall panel pada rumah bisa menciptakan sebuah suasana berbeda dan membuat tembok lebih menarik. Selain itu juga, wall panel bisa menjadi sebuah insulator suara bising yang ada agar tidak mudah masuk ke dalam rumah Anda.

Jenis-jenis wall panel

Dari segi bahan material disadur dari mosaicart ada beragam jenis wall panel diantaranya yaitu : 
  • MDF (Medium Density Fiberboard) 
    Bahan wall panel pertama yang dapat Anda pilih adalah MDF (Medium Density Fiberboard) yang juga dikenal dengan tile board. Dengan lapisan melamin di atasnya, panel MDF terlihat seperti ubin keramik biasa. Sebagai bahan dasar, MDF dapat digunakan untuk interior ruangan dengan kualitas yang baik. Bahan ini lebih cocok di dapur, toilet, bak mandi, dapur, kafe, dll.

    Panel ini cukup mudah dan cepat untuk dipasang. Semakin kecil ukuran panel maka semakin banyak jumlah bingkai yang diperlukan sehingga menjadi lebih rumit. Harga yang dipatok lebih mahal dibanding bahan lain. Anda akan mendapat desain mewah dan elegan dengan material ini.

  • Fiber Plant
    Bahan kedua adalah fiber plant. Dibanding dengan MDF, bahan ini lebih ekonomis dan juga ramah lingkungan. Fiber plant terkenal akan sifatnya yang bisa didaur ulang dan tidak menggunakan pohon dalam pembuatannya. Anda akan menemukan ukuran yang beragam, mulai dari 625 mm x 800 mm hingga 500 mm x 500 mm

  • GRC
    Lalu, ada GRC (Glass Reinforced Concrete) atau dikenal juga dengan Glass Fibre Reinforced Concrete. Bahan wall panel ini terbuat dari campuran beton dan serat kaca yang berdaya tahan tinggi dan tahan alkali. Dibandingkan dengan alternatif panel beton lainnya, GRC memiliki bobot yang lebih ringan. Selain berfungsi sebagai insulasi panas dan suara yang ideal, material ini juga tidak mudah terbakar ataupun meledak sehingga dianggap sesuai untuk bangunan aman dari bencana alam

  • Gypsum.
    Papan gypsum terbuat dari campuran bahan kertas. Tidak seperti bahan panel 3D pada umumnya, papan gipsum memiliki ketebalan yang tipis yaitu sekitar 9-15 mm. Proses instalasi gypsum mudah karena bobotnya yang ringan. Selain itu, gypsum terkenal akan kemampuannya dalam meredam suara. Material bangunan berwarna putih ini cocok digunakan pada interior dinding kantor, ruang studio musik atau home theater.

    Jika gypsum mulai berdebu atau kotor, Anda cukup membilas menggunakan kain lap setengah basah atau menyedotnya. Namun, gypsum tidak tahan air sehingga tidak disarankan untuk diaplikasikan pada dapur dan kamar mandi. Selain tidak tahan air, material ini juga mudah rapuh. Gypsum yang berumur akan melemah sehingga harus diganti.
gyspum wall panel
sumber : decorativas.net


Itulah tadi beberapa informasi yang kami himpun tentang wall panel untuk menambah wawasan anda dalam mendekorasi rumah. Tak lupa kami Plafon Kita Salatiga juga melayani jasa pemasangan wall panel dari bahan material gypsum untuk dekorasi rumah anda. Hubungi kami jika anda membutuhkan kualitas pemasangan terbaik dengan harga murah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.