Bagikan ke Teman :

Tipe plafon berdasarkan cara pemasangan/ penempatanya pada langit-langit rumah anda. Setelah pada artikel sebelumnya kita mengenal ragam plafon berdasarkan bahan material seperti plafon gypsum, plafon pvc, plafon anyaman bambu, plafon kayu, plafon triplek, plafon eternit dll. Kali ini tim plafon kita salatiga gantian akan mengulas tipe plafon berdasarkan cara penempatan/ pemasangannya pada langit-langit rumah.

Plafon menjadi salah satu elemen penting dalam mendekorasi ruangan rumah, hal ini dikarenakan plafon memiliki luas penampang yang sangat luas yang dapat diekplorasi sedemikian rupa. tipe pemasangan yang tepat dapat memberikan kesan yang luas, tinggi, clean atau sesuai yang anda harapkan. Mari kita kenali tipe pemasangan plafon yang kerap kita jumpai di sekeliling kita dan silahkan pilih tipe mana yang cocok untuk kebutuhan rumah anda.

Plafon Datar

plafon datar

    source : Pinterest

Tipe pemasangan plafon datar banyak diterapkan pada desain rumah maupun apartemen minimalis. Plafon datar dapat memberikan kesan ruangan menjadi lebih lega dan luas. Untuk anda yang menginginkan tampilan ruangan yang clean / bersih, pemasangan plafon datar bisa menjadi pilihan, sedangkan pemilihan material bisa menggunakan bahan dari gypsum, kayu, maupun pvc yg punya motif sederhana / polos.

Plafon Miring

plafon miring

    source : Pinterest

Plafon miring terbentuk karena mengikuti struktur rangka atap diatasnya yang umumnya memiliki kemiringan tertentu. Plafon miring umumnya terpasang rapat dengan struktur rangka atap, digunakan untuk membuat space ruangan yang lebih tinggi sehingga menciptakan kesan lega di dalam ruangan. Aplikasi pemasangan plafon miring akan lebih cantik dengan mengekspos struktur rangka seperti kuda-kuda maupun usuk dan reng.

Plafon Melengkung

plafon kubah

    Source : Pinterest

Secara garis besar plafon melengkung terdapat 3 tipe yaitu plafon kubah, plafon busur dan tak beraturan (bergelombang sesuai desain). Plafon bentuk kubah banyak diaplikasikan pada langit-langit bangunan Masjid karena memiliki nilai histori dan budaya yang kuat. Sedangkan untuk bentuk lengkung lain seperti busur dan lengkung lainya umumnya banyak kita jumpai pada bangunan-bangunan publik yang besar seperti Bandara, Gor, Aula dsb.

Plafon Bertingkat

Plafon bertingkat merupakan modifikasi bentuk dari pemasangan plafon datar. secara garis besar plafon bertingkat terbagi menjadi 2 yaitu up ceiling dan drop ceiling.
Plafon Up Ceiling terbentuk dengan menaikkan sebagian besar bidang plafon menjadi lebih tinggi dan menempatkan sebagian kecil di sekelilingnya di bagian bawah. Selain untuk dekorasi agar terlihat menawan plafon up ceiling juga dapat memberikan impresi plafon lebih tinggi.
Plafon Up Ceiling

    source : Plafon Kita Salatiga

Plafon Drop Ceiling merupakan kebalikan dari Up Ceiling, bidang yang lebih luas di pasang dengan struktur tingkat lebih rendah. Kesan yang didapat dengan pemasangan drop ceiling plafon menjadi lebih rendah cocok untuk medapatkan pencahaan lebih terang.
plafon drop ceiling

    source : Plafon Kita Salatiga

Ada tipe pemasangan lain yang terlewat ?? silahkan beritahu tim plafon kita salatiga melalui kolom komentar. Jangan lupa jika anda pembaca yang tinggal disekitar salatiga dan sekitarnya dan membutuhkan jasa pasang plafon dengan harga murah dan kualitas terbaik. Silahkan hubungi Kami. ????
Bagikan ke Teman :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.