Pada kolom kabar salatiga edisi perdana ini kami akan sedikit latah membahas tragedi keuangan yang sedang ramai di salatiga tak lain dan tak bukan adalah arisan online yang berujung scam / penipuan. Tulisan kali ini bersifat opini dan kami coba tulis untuk sedikit memberikan literasi keuangan agar anda bijak mengambil keputusan yang baik dalam mengelola uang hasil jerih payah anda.


Arisan bukan produk investasi

Jika kita tarik ke dasar arti dari arisan menurut kbbi adalah kegiatan mengumpulkan uang atau barang yang bernilai sama oleh beberapa orang kemudian diundi di antara mereka untuk menentukan siapa yang memperolehnya, undian dilaksanakan dalam sebuah pertemuan secara berkala sampai semua anggota memperolehnya. Singkatnya arisan adalah seperti kita menabung, manfaat uang yang kita dapat tidak akan lebih dari apa yang kita tabung, hanya saja waktu menerima manfaatnya/ mendapatkanya saja yg berbeda karena dilakukan bersama2 dan di undi per periode waktu. Misal kita menabung sebulan sejuta dalam setahun kita akan mendapat 12 juta, sama hal dengan arisan kita ikut satu juta sebulan dengan 12 orang maka tiap bulan akan ada satu orang yang mendapat 12 juta secara bergantian sampai semuanya mendapat menfaat. Jika di kumulasikan dalam satu tahun hasilnya sama 12 juta juga. Bisa dikata arisan merupakan modifikasi dari kegiatan menabung agar lebih seru saja dijalaninya. Jadi jika anda berniat investasi maka jangan pilih arisan kalo anda berniat menabung maka arisan bisa menjadi laternatif.

Kalo Arisan Online??

Sami mawon alias podo wae, mau arisan online mau offline yang namanya arisan seharusnya prinsip mengumpulkan dan nilai manfaat uangnya sama. Penambahan kata online hanya mengindikasikan bahwa pertemuan dan grupnya dibuat melalui sosial media dan pengumpulan uang nya bisa secara transfer atau dompet digital.

Karakteristik Arisan

Memiliki periode bukaan dan penutupan yang jelas. Jadi tidak bisa ditengah jalan sebelum periode berakhir tiba-tiba ada anggota baru karena akan menyulitkan pembagian manfaatnya. Anggota arisan biasanya adalah peserta-peserta dalam lingkaran sosial yang deket seperti teman dan keluarga.

Resiko Arisan

Semakin banyak peserta resiko yang dihadapi semakin tinggi apalagi kalo peserta datang dari luar lingkaran kehidupan sosial anda (anda tidak saling mengenal antar peserta arisan). Karena bilamana ada yang wanprestasi (dapat duluan terus kabur ga mau setor, atau terlambat setor) maka manfaat yang didapat oleh peserta berikutnya akan berkurang nilainya.

Bagaimana dengan Arisan Online yang lagi heboh di Salatiga??

Dari beberapa berita yang kami baca, Arisan online ini menjanjikan imbal hasil setiap bulanya dan membuka pendaftaran anggota kapan saja. Sangat jelas sekali dari informasi ini produk yang di tawarkan tidak sesuai dengan definisi dan karakteristik Arisan.

Lantas kalo bukan arisan apa donk ??

Kami juga bingung menyebutnya apa, tapi untuk sementara anggap saja iming-iming produk investasi yang menjanjikan anda cepat kaya. Bagaimana tidak, produk ini menjanjikan bagi hasil satu bulan 10% jika disetahunkan maka hasil yang di dapat 120%. Sungguh sangat luar biasa bukan, mereka yang rentan terhadap uang menginginkan cepat kaya tanpa harus ngapa-ngapain pasti akan terlena.

Namun dari sini saja kita seharusnya menggunakan common sense untuk berhitung, jika memang perusahaan/bandar berani memberikan keuntungan 120% per tahun kenapa harus repot2 mengajak anda, jika memang mereka membutuhkan duit untuk modal usaha kenapa tidak meminjam ke bank dengan bunga 10-15% saja per tahun sisanya 100% masih bisa dinikmati.

Anggap saja perusahaan/bandar ingin berbagi keuntungan dengan anggotanya dan tidak mau meminjam uang di bank. Hal yang pertama harus diketahui oleh seorang penanam modal atau investor adalah kemana larinya uang kita diputar sehingga menghasilkan bagi hasil yang luar biasa itu. Jangan mudah percaya iming-iming fantastis dan masa bodoh akan kemana larinya uang kita jika anda tidak ingin terbodohi dan tertipu. Karena pada dasarnya modus utama mereka adalah memanfaatkan kerentanan kita terhadap uang (pengen cepat kaya, ga ngapa-ngapain duit dateng, dapet hadiah tiba2), selama masih banyak orang yang pengen cepat kaya dengan cara seperti itu maka modus ini akan tetap lestari. Kami rekomendasikan serial dokumenter netflix tentang uang dibawah ini untuk anda tonton agar terhindar dari  keputusan yang salah yang melibatkan uang anda.



Tips dari kami pastikan niat awal apakah mau ikut arisan atau berinvestasi ??

Jika ingin ikut arisan sebaiknya bergabunglah dimana anggotanya adalah orang-orang yang anda kenal seperti arisan keluarga, arisan komplek, arisan kantor dsb.

Jika ingin berinvestasi pilihanya adalah jika anda ingin berinvestasi langsung di sektor real maka sebaiknya anda bermitra dengan orang yang anda kenal dan percayai dan jangan lupa pastikan usahanya berjalan dengan baik dan memiliki prospek positif.  Pilihan kedua anda dapat berinvestasi di sektor jasa keuangan seperti deposito, reksadana, sukuk maupun menjadi investor di pasar saham. Untuk masuk ke pilihan kedua silahkan pelajari lebih lanjut secara mandiri. Sekarang ini sudah banyak content mengenai literasi keuangan yang bisa anda pelajari untuk membantu anda membuat keputusan bijak mengenai uang anda.

Semoga bermanfaat dan mari kembali gunakan akal sehat

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.